Sample Roasting

Best Practice Dari Para Praktisi Industri Roastery Indonesia
Post Reply
shirleyshirl18
Posts: 4
Joined: Mon Jan 06, 2020 10:47 am

Sample Roasting

Post by shirleyshirl18 » Mon Jan 20, 2020 6:19 am

Apa sih yang dimaksud dengan roasting sampel?
Mengapa kita harus meluangkan waktu untuk melakukannya?
Apakah ada parameter tertentu yang harus diikuti?

Idealnya, sebelum kita membeli sesuatu, pasti inginnya dicoba dulu bukan? Apakah sesuai dengan keperluan? Apakah sesuai dengan ekspektasi?
Sama halnya dengan kopi (green bean). Alangkah baiknya kalau kita bisa membeli dahulu dlm jumlah sedikit (misalnya 500 gr - 1 kg), atau lebih beruntung lagi kalau diberi sampel gratis oleh supplier; untuk dicoba sangrai dulu sebelum membeli dalam jumlah besar.

Sebenarnya, arti roasting sampel amat sederhana..
Yaitu menyangrai suatu kopi dalam kuantitas kecil (50 gr - 500 gr), untuk melihat potensi kopi tersebut; apa kualitas yang mau atau dapat kita tonjolkan, atau tidak. Dari hasil sangrai sampel ini, kita dapat memutuskan bisa diarahkan kemana kopi tersebut. Apakah mau disangrai untuk espresso atau filter? Apakah kopinya lebih cocok disangrai untuk blend atau cukup bagus untuk berdiri sendiri sebagai single origin?

Roasting sampel tidak untuk disamakan dengan profile roasting ataupun level roasting, karena tujuannya hanya untuk menguji kualitas dan mendapat gambaran bagaimana kopi tersebut dapat dimaksimalkan pada saat sangrai untuk produksi dalam skala lebih besar. Sedangkan profiling tujuannya adalah mencari cara sangrai terbaik untuk mendapatkan rasa terbaik; yang mana dapat di replika di kemudian hari (dengan kopi yang sama tentunya). Dan level roasting adalah menyangrai dengan tujuan akhir mencapai level tertentu (light, medium, dark, dsb).

Nah, bagaimana caranya roasting sampel? Apakah ada ‘peraturan’ nya? Protokol dari Specialty Coffee of America (SCA), pasti ada; dan saya pribadi mencoba menjadikan itu sebagai pedoman.

SCA menentukan bahwa roasting sampel harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
- disangrai dengan drum roaster
- waktu sangrai 8-12 menit
- melalui 1st crack
- sangrai medium-medium light (agtron bubuk #65-70)

Apakah kita harus mengikuti parameter yang dibuat oleh SCA? Tentu tidak; dan saya yakin banyak individu dan bahkan perusahaan yang memiliki cara roasting sampel tersendiri. Menurut saya, yang penting adalah dapat menyangrai sampel dengan konsisten - dalam arti mengikuti ‘profile’ roasting sampel yang sudah diterapkan untuk kopi yang berbeda untuk mendapatkan hasil akhir yang sama (entah itu waktu atau warna atau parameter apapun yang sudah ditetapkan).

Untuk saya, menyangrai sampel sebuah kopi sangat menyenangkan dan sekaligus menantang. Pada saat menyangrai sampel kopi baru (apalagi yang belum pernah disangrai sebelumnya), dan kemudian mendapatkan hasil yang bagus atau bahkan lebih; itu merupakan kepuasan tersendiri!

Kesimpulannya, jangan takut untuk ber-eksperimen. Cari ‘profile’ roasting sampel yang cocok untuk kebutuhan teman2 sendiri. Apapun itu, saya yakin teman2 akan mendapatkan pengalaman baru; dari segi sangrai sampel, maupun rasa yang didapatkan pada saat cupping.

Mari kita menyangrai..

-shirley-
-omden-
-Shirley-
Certified Q Arabica Grader
#nguppie Roastery & Lab

lemonbingo
Posts: 1
Joined: Mon Jan 20, 2020 2:46 pm

Re: Sample Roasting

Post by lemonbingo » Mon Jan 20, 2020 2:48 pm

keren nih...

Moch.Oni
Posts: 4
Joined: Thu Jan 16, 2020 6:24 am

Re: Sample Roasting

Post by Moch.Oni » Fri Jan 24, 2020 6:35 am

Kalo saya biasanya ngambil sedikit (kurang lebih 15gr) tiap 30detik pada saat lewat first crack.. xD

Post Reply